Kamis, Mei 21, 2009

Pengembangan SDM : Ruang Kerja Tingkatkan Semangat Karyawan

RUANG perkantoran dapat memberi andil penting bagi karyawan untuk menemukan daya kreatifnya. Ini dapat diterapkan dari arsitektur gedung, perabotan, warna maupun pandangan luar yang dapat dilihat dari jendela.

Hal ini dibenarkan Praktisi Human Resources Department (HRD) Akhmad Guntar. Menurut dia, dengan menciptakan atmosfer dan lingkungan kerja yang kreatif,maka karyawan menjadi lebih bahagia dan sangat kondusif untuk berpikir kreatif.“Sayangnya masih banyak karyawan yang memandang tempat kerja mereka sebagai pendatang stres dan kesengsaraan.”

Padahal iklim kerja yang kondusif dan sarat dengan nuansa yang berkesan ceria,juga dapat menjadi pemicu motivasi serta produktivitas karyawan.“Hal ini tentu mendatangkan keuntungan juga bagi perusahaan,” papar pria yang berprofesi sebagai konsultan sekaligus trainer ini.

Menurut Guntar, lazimnya perusahaan yang sangat memperhatikan konsep desain interior untuk kreativitas karyawannya adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Guntar mencontohkan,perusahaan besar seperti Google misalnya. Google meyakini pentingnya kreativitas karyawan yang dapat ditingkatkan dengan desain kantor yang mendukung.

Terbukti, di Googleplex,perusahaan memberikan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas ini bukan hanya dimaksudkan untuk kelancaran pekerjaan, juga memberikan keleluasaan bagi karyawan untuk bersantai sejenak. Misalnya dengan kehadiran meja biliar. Mereka pun mempunyai papan gagasan dengan ukuran yang cukup besar.

“Tujuannya untuk menampung aspirasi karyawan. Ini bisa membuat karyawan semangat untuk melontarkan gagasan segar setiap saat,”sebut Guntar. Di samping itu,Google juga memiliki kolam renang berukuran mini. Lain lagi dengan Sun Microsystem.

Dalam upaya untuk mengintensifkan kolaborasi dan interaksi informal para staf, perusahaan vendor komputer ini, merancang ulang area koridor dan dapur, dua tempat di mana para staf sering melakukan diskusi produktif.

Sementara bagi karyawan yang lebih menyukai bekerja di luar, disediakan beberapa bangku dan meja yang ergonomis. Jika perusahaan ingin mengubah tata letak ruang perkantorannya, menurut Guntar,ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Salah satunya perusahaan sebaiknya menyiapkan investasi khusus untuk perubahan itu.Namun,Guntar mengingatkan, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. “Terkait untuk ruang kreatif, cukup beri saja kebebasan bagi para karyawan untuk menata sendiri meja atau ruang kerjanya sesuai dengan gaya yang dia anggap paling kondusif untuk berpikir kreatif,”kata Guntar. (sri noviarni)

Referensi : Media Seputar Indonesia, Monday, 18 May 2009

Tidak ada komentar: