Kamis, Mei 21, 2009

Pengembangan SDM : Ciptakan Atmosfer Kerja lewat Desain Ruang

DEMI menciptakan atmosfer kerja yang nyaman bagi karyawannya, perusahaan mendesain ruang kantor dengan gaya inspiratif.Hal tersebut diyakini dapat memicu motivasi sekaligus inovasi karyawan.

Kantor yang nyaman, asri, dengan tampilan yang tidak monoton, tentu harapan setiap karyawan. Desain kantor seperti ini, dimaksudkan dapat mendongkrak semangat kerja karyawan sehingga mereka akan lebih produktif dalam bekerja dengan didukung kreativitas yang tidak terbatas.

Karenanya, beberapa perusahaan, mengeluarkan anggaran khusus untuk menghadirkan kesan berbeda di perkantorannya. Seperti desain kantor yang diterapkan PT Nutrifood Indonesia. Perkantoran yang berlokasi di kawasan industri Pulo Gadung ini, menekankan desain yang bersifat terbuka.

Hal ini terlihat dari ruang pertemuan maupun ruang kerja yang tidak dibatasi dengan kehadiran pintu. Ruangan pun menjadi lebih lapang, tanpa kehadiran sekat yang dianggap dapat menghambat kelancaran aktivitas berkomunikasi sesama karyawan. Di samping tidak ada pintu dan sekat, beberapa ruangan tampil terbuka dengan kaca-kaca transparan sebagai pengganti dinding.

Tidak seperti ruangan meeting pada umumnya,di PT Nutrifood Indonesia, juga disediakan ruangan meeting dengan konsep lesehan, yang membuat suasana rapat tidak kaku dan lebih akrab. Uniknya, di setiap ruangan dibuat tema yang berbeda.Ruangan tersebut dibedakan dari warna yang dipergunakan untuk dinding maupun konsep ruangan itu sendiri.

Sebut saja di ruangan divisi marketing communication yang menggunakan nuansa oranye.“Warna ini dipilih untuk menciptakan kesan ceria, dan agar memunculkan kreativitas yang bekerja di dalamnya,” ujar Public Relation PT Nutrifood Indonesia Arninta Puspitasari. Sementara warna cokelat tanah, putih dan krem diaplikasikan pada ruangan meeting.

Menurut Ninta, warna-warna tersebut memunculkan kesan homy dan membuat proses brainstroming lebih segar dan efektif. Tampaknya perusahaan ini benar-benar ingin membuat karyawannya betah bekerja dan sekaligus memanjakan mereka. Tak heran, gedung perkantoran ini dilengkapi dengan fasilitas kebugaran dengan sarana yang memadai.

Di Gym tersebut ada beberapa alat fitnes seperti angkat beban, alat untuk melatih otot perut dan punggung, treadmill, serta sepeda statis.Para karyawan dapat menggunakan fasilitas ini kala jam kerja telah usai.Bagi karyawan yang memiliki waktu senggang, dapat menghabiskan waktu di perpustakaan yang tersedia, dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Kantin pun dibuat dengan konsep interior yang berbeda.

Kantin ini menggunakan warna-warna berkesan ceria.Karena bergerak di bidang produk makanan sehat,perusahaan ini pun hanya menyajikan menu makanan sehat. Dan bagi karyawan yang ingin mengetahui informasi mengenai seputar nutrisi, di kantin terdapat papan informasi yang memuat tentang itu. Dengan perancangan kantor yang apik,Ninta menganggap kantornya sebagai rumah kedua.

“Begitu masuk saja, sudah terasa nyaman. Gimana enggak betah di kantor?”kata Ninta. Pendapat yang sama juga dilontarkan Manajer PR PT Excelcomindo Pratama Tbk Febriati Nadira.Menurut dia,desain kantor di gedung yang baru ini, lebih baik dan semakin nyaman. Mengusung konsep minimalis,furniturgedung perkantoran yang beralamat di kawasan Mega Kuningan ini,ditata dengan apik dan teratur.

Ruangan pun lebih nyaman dan sehat serta meninggalkan kesan bersih. Perkantoran yang menggunakan warna biru sebagai corporate color pada seluruh dinding ini,menawarkan pemandangan hijau di bagian luar.Yang lebih menarik, dengan pandangan luas karyawan dapat puas melihat suasana luar di sekitar kawasan Mega Kuningan maupun Sudirman.

“Jadi kalau lagi suntuk tinggal melihat keluar, banyak pepohonan dan gedunggedung yang ada di sekitar ini.Bisa fresh lagi,”kata Febriati. Konsep open plan office,juga diusung oleh PT Intiland Development.

Perusahaan ini tidak hanya ingin membuat ruang perkantoran yang bagus,juga dapat meningkatkan produktivitas kerja,teamwork, kenyamanan karyawan, serta penerapan teknologi informasi khususnya komunikasi data. Menurut Project Director PT Intiland Development Permadi Indra Yoga,konsep openplanofficedapatmemaksimalkan pemanfaatan cahaya alami hampir ke semua area kerja.

Semua karyawan bukan hanya dapat melihat pergantian waktu dari pagi hingga sore — yang menurut penelitian dapat meningkatkan produktivitas —tetapi juga dapat melihat viewkotayangsebelumnya hanya bisa dinikmatiparapimpinanperusahaan saja.Jelas cara ini juga dapat menghemat pemakaian energi listrik juga.

Penggunaan banyak kaca sebagai partisi menciptakan ruangruang tembus pandang yang dapat mengurangi privasi direktur hingga karyawan dalam bekerja.Untuk itu PT Intiland Development menyiapkan hub-hub meeting room kecil yang dilengkapi dengan komputer kerja agar bisa digunakan juga oleh karyawan yang membutuhkan privasi supaya dapat bekerja dengan tenang dan lebih konsentrasi.

Dari desain interior kantor yang berlokasi di Wisma Dharmala Sakti ini, terlihat bersih dan lapang. Tampilan desain ini disebabkan minimnya penggunaan dinding penyekat ruangan dan dinding ruangan yang didesain berwarna putih terang. Sedangkan untuk kaca jendelanya menggunakan warna yang transparan.

Tampilan ini membuat suasana ruangan kantor semakin terang dan hangat pada siang harinya. Corporate colour, yakni merah dan oranye tetap dipergunakan sebagai aksen di pintu dan partisi kaca maupun ruang-ruang rapat.Warna merah memberi dampak dinamis, sensual,dan mewah.

Warna ini cenderung mendatangkan energi,aktif, suasana hangat, dan komunikatif, optimis,antusias,dan bersemangat. Baik Ninta, Febriati maupun Yoga berpendapat, desain perkantoran yang inspiratif di kantor masingmasing, membuat semangat kerja menjadi lebih terpacu dan sangat cozy.(sri noviarni/hermansah)

Referensi : Media Seputar Indonesia, Monday, 18 May 2009

Tidak ada komentar: