Rabu, Juni 03, 2009

Perkembangan Anak : Si Kecil Pun Punya Tabungan Sendiri

BELAJAR BERHEMAT : Sejumlah anak mendapatkan pengenalan sejak dini terhadap produk tabungan di salah satu bank. Pengelolaan keuangan perlu diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini.

BUDAYAmenabung memang semestinya dibiasakan sejak dini kepada anak.Sebab,selain membuat anak tidak boros,juga membuat si kecil terbiasa mengatur keuangannya sendiri. Kebiasaan menabung akan sangat sulit dilakukan bila semenjak kecil dan remaja Anda tidak terbiasa dengan pola hidup hemat.

Banyak orang dewasa tidak tahu cara mengelola uang dengan benar karena ketika masih anak-anak mereka jarang atau tidak diperkenalkan dengan permasalahan uang. Orang tua merekalah yang melakukan semua kegiatan mulai berbelanja sampai menabung. Anak tidak diberikan kesempatan untuk mempelajari persoalan mengelola uang.

Padahal saat menginjak remaja, tentunya si anak itu juga akan berhadapan masalah pengelolaan uang. Jika ingin anak-anak Anda tumbuh besar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab secara finansial, tentu kebiasaan tersebut haruslah ditanamkan pada si kecil. Sekarang ini, perbankan juga memberi perhatian mengenai keinginan anak untuk menabung.

Banyak bank yang sudah menawarkan tabungan khusus untuk si kecil. Dengan syarat yang mudah,begitu pula dengan setoran yang minimal, namun fasilitas yang diberikan tak jauh beda dengan tabungan biasa. Untuk setoran awal tabungan ini tergolong sangat rendah. Dengan dana yang berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000, si anak sudah memiliki tabungan sendiri.

Untuk berikutnya, setoran minimal jauh lebih kecil lagi,yaitu Rp25.000.Sementara untuk fasilitas yang diberikan bank, tidak jauh beda dengan tabungan biasa.Malahan,beberapa bank memberikan keistimewaan bagi penabung kecil.Keistimewaan yang memang sesuai dengan dunia mereka.

Salah satunya Bank BRI melalui Tabungan BRI BritAma Junior. Tabungan ini merupakan pengembangan produk tabungan ke segmen anak-anak. Dari namanya saja,produk ini memang ditujukan untuk kalangan anak-anak dan remaja. Produk yang mengincar pasar perkotaan tersebut, ditujukan secara khusus untuk pasar anak sekolah TK,SD,SMP,dan SMA.

Pengemasan produk tabungan ini lebih melibatkan emosi anak (emotional selling) dengan dilengkapi berbagai fasilitas kemudahan dan tentunya fasilitas yang sangat menarik bagi kelompok anak. Selain untuk menunjang kebutuhan bisnis tabungan BRI, program ini juga bertujuan untuk ikut menyukseskan program Bank Indonesia ”Ayo ke Bank” dengan mengenalkan produk dan jasa layanan bank di usia sejak dini.

Nah, untuk bisa merangkul banyak kalangan tertarik menabung, BRI memberikan sejumlah keistimewaan, antara lain buku Tabungan BRI BritAma Junior yang diberikan secara gratis. Selain cuma-cuma, buku tabungan tersebut didesain secara khusus sesuai dengan dunia anak.Pada sampul buku tersebut, memiliki gambar karakter sejumlah tokoh kartun internasional, seperti Superman,Tom and Jerry ataupun Tweety.

Bukan cuma itu, kartu ATM/Debit Limited Edition juga diberi gambar sampul serupa. ”Produk ini menjadi pelengkap dari (produk) yang sebelumnya. Tidak fair jika kami selalu mengeluarkan produk untuk dewasa dan kebutuhan untuk anak sangat besar sehingga BritAma Junior bisa mendapat 100.000 rekening baru,” ujar Wakil Kepala Divisi Dana dan Jasa BRI Widodo Januarso.

Program ini juga dapat dikategorikan sebagai tabungan murah dengan berbagai ketentuan dan fasilitas yang menarik. Seperti gratis biaya administrasi bulanan, lalu fasilitas asuransi personal accident dengan minimal saldo Rp500.000. Selain itu, penabung Junior juga akan mendapatkan fasilitas untuk menggunakan electronic channel BRI seperti ribuan jaringan ATM BRI dan ATM lain yang tersebar secara nasional (ATM Bersama,ATM Link,dan ATMPrima),SMSBanking BRI,Kiosk Banking BRI serta fasilitas EDC dan Mini ATM BRI.

Bank lain yang memperkenalkan tabungan anak adalah Bank Bumiputera, dengan Bung Hari Junior. Nah, untuk tabungan ini, selain keistimewaan fasilitas yang mudah dan murah, nasabahnya juga bisa memiliki kerja sama dengan produk makanan waralaba McDonald’s.

Nasabah yang memiliki kartu ATM Bung Hari Junior secara otomatis juga menjadi anggota McKids’s. Sebab, kartu ATM tersebut memiliki fungsi sebagai kartu anggota McKid’s. Bank Bumiputera juga membundel tabungan untuk anak-anak berusia 16 tahun ini dengan asuransi kesehatan.Ada pergantian rawat inap antara Rp100.000 sampai Rp500.000 sehari, atau maksimal Rp36,5 juta sampai Rp182,5 juta setahun.

Penabung tak perlu membayar premi dan tak ada pengurangan saldo. ”Ini sejalan dengan program ’Ayo ke Bank’ milik pemerintah,” ujar Consumer Liability Product Development Department Head Bank Bumiputera Novarina AD. Sementara Bank Permata juga meluncurkan produk tabungan anak bernama PermataBintang.

Tidak ada komentar: